skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Ginjal Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Penyakit Ginjal Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Penyakit Ginjal Yang Terjadi Pada Ibu Hamil – Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi:

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur.

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Penyebab Infeksi Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil

Infeksi biasanya terjadi dimulai pada daerah kandung kemih yang kemudian dapat menyebar ke ginjal. Infeksi ini dikarenakan oleh bakteri yang memasuki uretra, dan kemudian secara bertahap membuat jalan ke atas ke bagian lain dari saluran kemih, sebelum akhirnya mencapai ginjal.

Faktor-faktor yang dapat menghambat aliran urin atau pengosongan kandung kemih bisa menyebabkan infeksi ginjal.

Perubahan hormon dan fisik yang menyertai kehamilan kadang-kadang bisa membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi ginjal. Selama kehamilan, ibu hamil kadang susah untuk dapat mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Ini membuat urin mengalir kembali ke ureter. Semua faktor ini membuat semakin sulit bagi urin melewati saluran kemih dengan cepat. Hal ini dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi, yang akhirnya dapat menyebar ke ginjal.

Gejala Infeksi Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil

Mengidentifikasi gejala infeksi ginjal selama kehamilan juga sulit. Hal ini karena, beberapa gejala infeksi ginjal dapat menyerupai seperti gejala kehamilan normal. Berikut adalah gejala infeksi penyakit ginjal selama kehamilan yang dapat dialami oleh ibu hamil:

  1. Buang air kecil yang menyakitkan

Infeksi ginjal hampir selalu menyebabkan dorongan untuk buang air kecil sesering mungkin. Namun, dorongan untuk sering buang air kecil juga bisa dialami oleh wanita hamil bahkan tanpa adanya infeksi penyakit ginjal.

Hal ini dapat terjadi karena peningkatan tekanan pada kandung kemih akibat membesarnya rahim. Namun, infeksi ginjal seringkali menyebabkan nyeri saat kencing, seiring dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil.

  1. Perubahan warna urin

Seiring dengan meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil, infeksi ginjal bisa menyebabkan keluarnya urin yang abnormal. Urin mungkin terlihat agak gelap. Kadang-kadang urin juga tercampur darah (hematuria).

  1. Punggung terasa sakit

Sakit punggung adalah suatu kondisi yang terkait dengan kehamilan. Namun, infeksi ginjal juga bisa menyebabkan sakit punggung selama kehamilan, dan rasa sakit ini bisa sangat parah.

Nyeri yang berhubungan dengan infeksi ginjal biasanya dirasakan di daerah punggung bawah atau daerah pinggang, dan di perut bagian bawah. Kadang-kadang, nyeri atau tekanan di daerah kandung kemih juga bisa terasa akibat infeksi kandung kemih.

  1. Gejala lainnya

Demam, dingin, mual, dan muntah adalah beberapa gejala awal lainnya. Namun, mual dan muntah dapat terjadi pada kehamilan juga. Dan jika gejala tersebut disertai dengan masalah kencing, maka kemungkinan besar menunjukkan gejala infeksi ginjal, atau mempunyai masalah di bagian lain dari saluran kemih.

Mengobati Infeksi Ginjal Pada Ibu Hamil

Infeksi ginjal dapat juga diobati dengan antibiotik. Dalam kondisi yang parah, wanita hamil dengan infeksi ginjal mungkin perlu dirawat di rumah sakit dan diberikan cairan intravena dan antibiotik. Perawatan selama kehamilan pada dasarnya akan tergantung pada tingkat parahnya infeksi.

Jika tidak segera diobati, infeksi ginjal dapat merusak ginjal. Selain itu, wanita hamil yang mengalami infeksi ginjal dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Pengobatan yang tepat dapat membantu untuk menghindari komplikasi yang terkait dengan infeksi ginjal.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.