skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasi

Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasi

Ciri Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasi – Ginjal merupakan organ vital yang berperan sangat penting sangat penting dalam mempertahankan kestabilan lingkungan dalam tubuh. Ginjal mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dan asam basa dengan cara menyaring darah yang melalui ginjal, reabsorbsi selektif air, elektrolit dan non-elektrolit, serta mengekskresi kelebihannya sebagai kemih.

Fungsi primer ginjal adalah mempertahankan volume dan komposisi cairan ekstra sel dalam batas-batas normal. Komposisi dan volume cairan ekstrasel ini dikontrol oleh filtrasi glomerulus, reabsorbsi dan sekresi tubulus.

Ginjal dilalui oleh sekitar 1.200 ml darah per menit, suatu volume yang sama dengan 20 sampai 25 persen curah jantung (5.000 ml per menit). Lebih 90% darah yang masuk ke ginjal berada pada korteks, sedangkan sisanya dialirkan ke medulla.

Ciri Penyakit Ginjal

Berikut ini ciri ciri penyakit ginjal yang bisa diketahui, yaitu:

  1. Badan Lemah dan Lelah

Ginjal sehat selalu menghasilkan hormon eritropoietin yang membantu pembentukan sel-sel darah merah.

Ketika orang mengalami sakit ginjal, maka kadar hormon ini akan menurun drastis. Sebagai akibatnya jumlah sel darah merah akan menurunkan dan menyebabkan anemia yang juga mengarah ke gejala seperti kelemahan umum dan kelelahan ekstrim.

  1. Kencing Berdarah

Adanya darah dalam urin adalah gejala dari penyakit ginjal yang tak boleh diabaikan. Jika Anda melihat urin berubah warna menjadi kemerahan, maka segeralah periksakan ke dokter. Ketahui lebih lanjut tentang Kencing Berdarah

  1. Urin Berbusa

Adanya buih-buih dalam urin atau urin berbusa, biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran protein dari tubuh ke dalam urin yang memandakan bahwa adanya masalah pada ginjal, dan tentu saja ini juga merupakan gejala penyakit ginjal yang tak boleh diabaikan.

  1. Sesak Napas

Jika penyakit ginjal cukup parah, bisa menyebabkan menumpuknya cairan di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Sesak nafas juga bisa terjadi karena kekurangan oksigen akibat dari anemia pada penyakit ginjal.

  1. Napas bau Amonia dan Logam

Tanda dan gejala sakit ginjal lainnya adalah napas berbau amonia atau logam. Pada gagal ginjal, urea dalam darah kadarnya meningkat (uremia).

Urea ini dipecah menjadi amonia dalam air liur menyebabkan bau mulut berbau seperti amonia. Hal ini juga biasanya berhubungan dengan rasa logam (dysgeusia) di mulut.

  1. Kesulitan atau Sakit Saat Kencing

Ketika seseorang mengalami kesulitan, merasakan tekanan atau nyeri saat berkemih. Ini bisa menunjukkan infeksi saluran kemih yang ditandai dengan rasa sak

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

Berikut ini cara mengatasi penyakit ginjal, yaitu:

  1. Makan dengan benar

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Hindari alkohol dan merokok

Kelebihan asupan alkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal.

Merokok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal.

  1. Olahraga rutin

Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat.

Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif.

  1. Minum-minuman yang sehat

Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Jika Anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda pasti bisa minum air kelapa.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.