skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Umum Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Gejala Umum Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Gejala Umum Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya – Ginjal adalah dua buah organ yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan (sehingga fungsinya tidak bekerja dengan baik), sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, tubuh merasa mual bahkan muntah-muntah, tubuh merasa lemas, hingga sesak napas.

Ginjal umumnya sebesar kepalan tangan orang dewasa, fungsi ginjal yaitu:

  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin, yang berfungsi untuk menstimulasi produksi sel darah merah
  • Mengatur kadar senyawa kimia yang fungsinya untuk menjaga fungsi jantung dan otot-otot tubuh
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral di dalam tubuh
  • Menyaring ampas metabolisme tubuh dan cairan berlebih dari darah
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah.

Penyakit ginjal akut merupakan sebuah kondisi ogan ginjal secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal ini beresiko membuat organ lain terpengaruh dan juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Gejala yang umum dari penyakit ginjal akut, seperti mual, muntah, dehidrasi, sakit perut, nyeri pinggang belakang, hiperpensi, sering kebingungan, dll.

Mendeteksi secara dini penyakit ginjal sangat penting, hal ini nantinya agar penyakit lebih mudah diatasi. Saat sudah kronis, penyakit ginjal sulit disembuhkan.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut ini gejala penyakit ginjal yang sering dikeluhkan penderita, yaitu:

  1. Kurang Nafsu Makan

Gejala ini terjadi akibat menumpuknya racun dan limbah dalam tubuh akibat ginjal yang sakit. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala di atas yang disertai dengan kurang nafsu makan, maka bisa saja ini mengindikasikan penyakit ginjal.

  1. Nyeri Punggung

Mungkin sudah banyak yang familiar dengan gejala sakit gijal yang satu ini. Memang tidak semua penyakit ginjal akan mengalami nyeri punggung dan tidak semua nyeri punggung akibat sakit ginjal.

Namun nyeri punggu menjadi karakteristik sakit ginjal apabila merasa sakit kram parah yang menyebar dari punggung bawah ke pangkal paha. Gejala ini bisa menjadi indikator dari sejumlah kondisi, seperti: Penyakit batu ginjal atau batu di ureter, penyakit ginjal polikistik, dan peradangan kronis dari dinding kandung kemih (Interstitial cystitis).

  1. Sulit Bernafas

Penyebab penderita ginjal sulit bernafas karena terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsi ginjal terganggu, cairan hasil sisa metabolisme menjadi tidak keluar seluruhnya.

Hal ini membuat cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru mengakibatkan penderita penyakit ginjal sulit bernafas.

Dimana organ paru-paru yang seharusnya berisi udara, tetapi pada penderita ginjal justru paru-paru sebagiannya berisi cairan sisa metabolisme.

  1. Sering Kram

Penderita ginjal dapat mengalami gejala berupa kram otot. Hal ini karena terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh, yang kemudian mengakibatkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh bereaksi, yang salah satunya berupa rasa kram pada bagian tubuh, bahkan bisa terasa cukup parah.

Penyebab Penyakit Ginjal

Berikut ini faktor penyebab terjadinya penyakit ginjal, yaitu:

  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.