skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Ginjal Manusia Dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit Ginjal Manusia Dan Cara Mengatasinya

Gejala Penyakit Ginjal Manusia Dan Cara Mengatasinya – Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal karena jika kesehatan ginjal kita terganggu makan akan terganggu pula kesehatan kita. Namun kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan ginjalnya.

Mereka beranggapan bahwa fungsi ginjal tidaklah sepenting organ-organ bagian dalam tubuh manusia lainnya seperti: jantung, hati atau paru-paru. Padahal jika kita memahami dengan benar, jika fungsi ginjal kita terganggu dapat pula menyebabkan kematian.

Penyakit ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala sakit ginjal yang dialami terkadang sering diabaikan karena gejala yang muncul terlihat sangat tidak serius bahkan mungkin mirip dengan gejala penyakit yang lainnya. Meski begitu, hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang lebih serius, mengingat betapa pentingnya organ ginjal bagi kehidupan.

Beberapa gejala yang pada umumnya dialami pada penyakit ginjal adalah:

  • Pada kulit akan mengalami ruam, gatal, dan kering
  • Perasaan nyeri dan sakit di punggung bagian bawah
  • Pembengkakan yang terjadi pada kaki dan tangan
  • Kelelahan fisik yang sering dialami dan lemas
  • Perubahan warna pada urin
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Mengalami sesak nafas.

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi penyakit gijal, diantaranya:

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Beberapa faktor risiko penyakit ginjal seperti tekanan darah tinggi dan tingginya kadar kolesterol dalam darah, sama dengan faktor risiko serangan jantung dan stroke. Dengan memiliki faktor risiko yang sama, pengidap penyakit ginjal berisiko lebih tinggi menderita sakit jantung, termasuk serangan jantung atau stroke.

Oleh sebab itu, anda akan disarankan mengonsumsi statin untuk membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Statin bekerja dengan menghambat efek enzim dalam hati anda yang berguna untuk membentuk kolesterol, pemicu serangan jantung.

Pada beberapa kasus, statin dapat menyebabkan sakit otot, lemas, dan nyeri. Sementara efek samping lebih ringan yang dapat timbul adalah sakit perut, konstipasi, diare, dan sakit kepala.

  1. Konsumsi Suplemen Zat besi dan Vitamin D

Anemia atau kondisi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, banyak diderita pengidap penyakit ginjal stadium tiga ke atas. Suplemen zat besi untuk produksi sel-sel darah merah biasanya akan diberikan untuk mengatasinya. Zat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet seperti ferri sulfat.

Hormon eritropoietin yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah juga bisa disuntikkan jika langkah-langkah di atas tidak dapat mengatasi anemia. Hormon ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan ke dalam pembuluh darah atau di bawah kulit (subkutan).

Selain itu, pengidap penyakit ginjal berisiko kekurangan vitamin D yang penting untuk tulang. Ini dikarenakan ginjal tidak dapat berfungsi mengaktifkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari. Sehingga umumnya anda akan mendapatkan suplemen vitamin D seperti calcitriol.

  1. Menghindari stress

Mempelajari bagaimana untuk menghindari stress, mengambil waktu untuk bersantai, dan menyelesaikan masalah dapat meningkatkan kesehatan baik secara fisik ataupun emosi. Berikut aktivitas yang dapat membantu anda menghindari stress:

  • Berolahraga
  • Meditasi
  • Yoga atau tai chi
  • Mendengarkan musik
  • Fokus kepada hal yang menenangkan.
  1. Makan dengan benar

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh anda dipengaruhi oleh apa yang anda makan dan bagaimana cara anda makan. Jika anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.

Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Minum-minuman yang sehat

Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Jika anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi anda pasti bisa minum air kelapa.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.