skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gangguan Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Gangguan Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyakit ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Ginjal adalah sepasang organ yang berbentuk menyerupai kacang yang terletak pada punggung bagian bawah. Fungsi utamanya adalah untuk menyaring racun dan sisa-sisa makanan dan mengirimkannya ke usus, untuk kemudian dibuang melalui air kemih. Jika ginjal tidak dapat berfungsi, maka kondisi ini disebut penyakit ginjal.

Gejala penyakit ginjal berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat.

Tanda dan gejala penyakit ginjal dapat mencakup:

  • Nyeri punggung
  • Nyeri dada, jika cairan menumpuk di sekitar selaput jantung
  • Sesak napas, jika cairan menumpuk di paru-paru
  • Mual
  • Muntah
  • Penurunan ketajaman mental
  • Kehilangan selera makan
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Masalah tidur
  • Gatal yang tak kunjung hilang
  • Perubahan dalam urin
  • Otot berkedut dan kram
  • Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang sulit dikendalikan.

Adapun cara mengatasi penyakit ginjal dengan cara:

  1. Konsumsi Suplemen Zat besi dan Vitamin D

Anemia atau kondisi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, banyak diderita pengidap penyakit ginjal stadium tiga ke atas. Suplemen zat besi untuk produksi sel-sel darah merah biasanya akan diberikan untuk mengatasinya. Zat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet seperti ferri sulfat.

Hormon eritropoietin yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah juga bisa disuntikkan jika langkah-langkah di atas tidak dapat mengatasi anemia. Hormon ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan ke dalam pembuluh darah atau di bawah kulit (subkutan).

Selain itu, pengidap penyakit ginjal berisiko kekurangan vitamin D yang penting untuk tulang. Ini dikarenakan ginjal tidak dapat berfungsi mengaktifkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari. Sehingga umumnya anda akan mendapatkan suplemen vitamin D seperti calcitriol.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker berisiko kematian, bahkan termasuk penyakit ginjal yang bahkan dokter pun tidak mampu menyembuhkannya.

Bobot tubuh yang tak dapat dikendalikan bisa menaikkan potensi penyakit ginjal yang tentunya dikaitkan dari penyakit yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, contoh nyata adalah penyakit diabetes melitus dan juga hipertensi atau darah tinggi. Oleh sebab itu, diet menurunkan berat badan sangat dianjurkan supaya dapat mencegah terkena kanker ginjal juga.

  1. Menghindari Menahan Buang Air Kecil

Ginjal mempunyai peran utama sebagai penyaring darah dan saat proses ini terjadi, segala cairan limbah, kotoran, serta racun yang tertimbun di bagian kandung kemih penting untuk segera dibuang. Walau daya tampung dari kandung kemih sendiri cukup besar untuk urin, tapi kandung kemih telah terisi sekitar 120 sampai 150 ml dengan urin ketika timbul hasrat untuk buang air kecil.

Bila hasrat tersebut anda coba abaikan dan tidak segera pergi ke kamar kecil untuk membereskannya, akibatnya kandung kemih makin membentang yang jauh dari kapasitas normalnya sehingga proses filtrasi ginjal akan terganggu. Jadi, selama masa perawatan pun diharapkan anda menghindari bahaya menahan kencing terlalu lama.

  1. Menghindari Minuman Bersoda

Sepertinya sudah diketahui umum bahwa minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal, maka sudah pasti minuman bersoda dimasukkan ke dalam daftar pantangan makanan dan minuman anda.

Kebanyakan kasus penyakit ginjal kronis awalnya adalah dari munculnya infeksi ginjal di mana penderita terlalu sering dan banyak mengonsumsi minuman ringan bersoda yang berbahan pengawet dan kimia.

Dalam jangka waktu lama terus-terusan mengonsumsi jenis minuman ini, fungsi ginjal lama-kelamaan akan rusak, apalagi jika penderita tidak mengimbangi konsumsi minuman soda dengan air putih yang cukup.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.