skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyebab Utama Penyakit Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Utama Penyakit Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Utama Penyakit Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui – Penyakit gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang menghantui banyak orang. Gagal ginjal adalah penyakit yang terjadi saat ginjal manusia mengalami gangguan dalam melaksanakan fungsinya.

Ginjal itu sendiri berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh manusia dan saat ginjal gagal untuk melakukan fungsi ini, muncullah istilah gagal ginjal.

Penyakit ini dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Pengobatan yang teratur dapat menyembuhkan gagal ginjal akut namun untuk gagal ginjal kronis, sang penderita harus menjalai pengobatan seumur hidup. Untuk kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai gagal ginjal kronis dan semua ha yang terkait dengannya.

Apa Penyebab Utama Penyakit Ginjal?

Penyebab utama dari gagal ginjal adalah penyakit diabetes type 2 dan tekanan darah tinggi disebagian besar belahan dunia.

Ginjal adalah organ tubuh kita yang ambil bagian untuk tugas penyaringan sisa atau limbah tubuh, serta kelebihan cairan pada darah yang beredar dalam tubuh kita. Jadi jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka hanya akan 2 pilihan: tergantung dengan alat cuci darah seumur hidup, atau dilakukan transplantasi ginjal.

Diabetes bisa menyebabkan penyakit ginjal, karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh dara diseluruh tubuh, termasuk pembuluh darah kecil yang melakukan penyaringan darah. Sementara itu tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan dan semakin memperburuk keadaan, lebih banyak merusak pembuluh darah dan mempercepat perkembangan penyakit ginjal.

Meskipun prosentasi penderita diabetes yang mengalami sakit ginjal cukup tinggi (20-40%), tapi hal ini bisa diperlambat secara signifikan jika didiagnosa lebih dini dan segera diobati.

Secara alami ginjal juga menurun kapasitas penyaringannya setelah seseorang berusia 30-40 tahun hingga sebesar 10%. Dan jika Anda meningkatkan beban kerja ginjal semenjak awal, maka resiko penyakit ginjal dikemudian hari pasti akan lebih tinggi.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut ini gejala yang sering muncul, yaitu:

  • Sensasi rasa logam di mulut
  • Bau mulut
  • Pusing
  • Kram otot
  • Ruam kulit
  • Kulit gatal
  • Kelelahan
  • Mual
  • Muntah
  • Anemia
  • Sesak napas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Berat badan turun.

Diagnosa Penyakit Ginjal

Ada beberapa tes yang dapat digunakan untuk menentukan kadar kerusakan pada ginjal Anda. Tes-tes tersebut meliputi:

  1. Biopsi ginjal

Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel kecil dari jaringan ginjal. Deteksi kerusakan ginjal kemudian dilakukan dengan memeriksa sel-sel ini dengan mikroskop.

  1. Laju Filtrasi Glomerulus (LFG)

Laju filtrasi glomerulus/LFG (glomerular filtration rate/GFR) adalah pengukuran yang digunakan untuk menilai seberapa baik ginjal Anda bekerja.

Penghitungan GFR melibatkan pengambilan sampel darah dan dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kelompok etnis Anda. Hasil GFR serupa dengan persentase kapasitas fungsi ginjal normal.

  1. Pemindaian

Dalam kasus gangguan ginjal stadium lanjut, ginjal menjadi mengerut dan berbentuk tidak utuh. Sebelum perubahan bentuk ginjal tersebut terjadi, pemindaian digunakan untuk mengetahui apakah terjadi penyumbatan tidak normal dalam aliran urin Anda.

Proses ini dilakukan dengan alat-alat seperti USG, computerised tomography (CT) scan, atau pemindaian magnetic resonance imaging (MRI).

  1. Tes urin

Salah satu gejala penyakit ginjal adalah terdapat protein atau darah dalam urin Anda. Maka tes ini digunakan untuk mengecek kemungkinan kandungan tersebut. Beberapa hasil tes urin perlu dikirim ke laboratorium untuk dikonfirmasi. Sementara hasil beberapa tes lain dapat segera diperoleh.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.